Mengenal Strategi Blue Ocean - Yup! tentu kita sudah pernah mendengar istilah Blue Ocean (lautan biru), nah Blue Ocean merupakan kebalikan dari Red Ocean (lautan darah).
Red Ocean : yaitu strategi bisnis dimana kita bersaing dalam suatu pasar yang sama dengan pesaing, sehingga akan terjadi pertarungan yang sengit untuk memperebutkan konsumen.
Blue Ocean muncul untuk mengatasi hal tersebut. Karena dengan Blue Ocean kita akan mencari hal yang berbeda untuk keluar dalam situasi sengit yang terjadi di Red Ocean. Dengan mengunggulkan inovasi pada produk-produk yang dibuat. Sehingga akan bisa memenangkan sebuah kompetisi pasar.
Apa itu Blue Ocean?
BOS / Blue Ocean Strategy merupakan sebuah siasat yang mendorong pelaku usaha untuk keluar dari area pasar yang dilupakan oleh para pesaing dan berupaya untuk mengubah hal tersebut menjadi sesuatu yang berpotensi menguntungkan.
Blue Ocean Strategy dicetuskan oleh profesor asal Korea, Chan Kim dan partner nya dari Prancis Renee Mauborgne.
Blue Ocean vs Red Ocean
Blue Ocean = Jenis pasar yang jarang diketahui oleh banyak orang, menyebabkan persaingan menjadi sedikit dan tenang serta dalam seperti di lautan samudra.
Red Ocean = Jenis pasar yang sudah banyak orang mengetahui, sehingga persaingan menjadi amat ketat dan diibaratkan seperti berdarah-darah.
Langkah melakukan Strategi Blue Ocean
1. Fokus, harus fokus dalam menjalankan usaha, jalankan perusahaan sesuai dengan apa visimisinya. pastikan jelas apa yang akan dijual ke dalam pasar.
2. Bergerak Menjauh, tentu tujuan dari hal ini untuk keluar dari pasar yang sudah ada dan mencoba untuk membuat sebuah pasar baru.
3. Motto, pilihlah sebuah iklan yang dapat mengikat konsumen. Sehingga tidak perlu repot repot dalam mencari konsumen. Pilih metode Iklan yang menarik!
Itulah langkah langkan melakukan Strategi Blue Ocean.
Contoh perusahaan yang menjalan kan strategi Blue Ocean, Go-Jek. dan Red Ocean, Nokia Inc.
Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.
source: vatih.com
thumbnail: dribbble/Sebastian Abboud