Analisis SWOT Untuk Pengembangan Bisnis - Mamon -kun

Minggu, 19 Januari 2020

Analisis SWOT Untuk Pengembangan Bisnis


Analisis SWOT Untuk Pengembangan Bisnis - SWOT merupakan kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Dan analisis adalah cara yang dilakukan untuk membedah suatu hal untuk menemukan inti-inti dari semuanya.

Analisis SWOT merupakan sebuah analisi yang digunakan untuk menyusun strategi dalam melakukan evaluasi strength (kekuatan), mencari weakness (kelemahan), menemukan opportunities (peluang) dan mengatasi threats (ancaman) pada suatu hal bisa produk/perusahaan/diri sendiri.

Analisis SWOT perkenalkan pada tahun 1960–an oleh Albert S Humphrey. Dan sampai sekarang strategi ini banyak digunakan karena kemudahan dalam menggunakanya.

Komponen penyusun SWOT

Pertama merupakan komponen yang berasal dari dalam/internal.

1. Strength (Kekuatan)
Karakteristik yang dimiliki dari dalam, yang membedakan dari lainya dan dapat di unggulkan untuk menjadi jalan menutup kekurangan.

2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan-kelemahan yang dimiliki, sebisa mungkin dikurangi atau dicegah agar dapat berkembang.

Kedua komponen yang berasal dari luar/external.

1. Opportunities (Peluang)
Ini merupakan peluang-peluang yang tercipta bisa karena lingkungan, atau lain nya yang berasal dari luar.

2. Threats (Ancaman)
Biasanya ini ancaman berasal dari pihak-pihak lain yang menjual/memiliki produk sama, sehingga kita harus lebih menambah kekuatan.

Untuk penggunaan analisi SWOT ini cukup mudah, kita hanya perlu menuliskan komponen-komponen di tempat yang sudah dibagi menjadi 4 bagian. Bisa berupa table maupun yang lainya.

Tertarik untuk mencoba Analisis SWOT?

Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.

thumbnail: dribbble/Becris

Share with your friends

Give us your opinion