Analisis SWOT merupakan sebuah analisi yang digunakan untuk menyusun strategi dalam melakukan evaluasi strength (kekuatan), mencari weakness (kelemahan), menemukan opportunities (peluang) dan mengatasi threats (ancaman) pada suatu hal bisa produk/perusahaan/diri sendiri.
Analisis SWOT perkenalkan pada tahun 1960–an oleh Albert S Humphrey. Dan sampai sekarang strategi ini banyak digunakan karena kemudahan dalam menggunakanya.
Komponen penyusun SWOT
Pertama merupakan komponen yang berasal dari dalam/internal.
1. Strength (Kekuatan)
Karakteristik yang dimiliki dari dalam, yang membedakan dari lainya dan dapat di unggulkan untuk menjadi jalan menutup kekurangan.
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan-kelemahan yang dimiliki, sebisa mungkin dikurangi atau dicegah agar dapat berkembang.
Kedua komponen yang berasal dari luar/external.
1. Opportunities (Peluang)
Ini merupakan peluang-peluang yang tercipta bisa karena lingkungan, atau lain nya yang berasal dari luar.
2. Threats (Ancaman)
Biasanya ini ancaman berasal dari pihak-pihak lain yang menjual/memiliki produk sama, sehingga kita harus lebih menambah kekuatan.
Untuk penggunaan analisi SWOT ini cukup mudah, kita hanya perlu menuliskan komponen-komponen di tempat yang sudah dibagi menjadi 4 bagian. Bisa berupa table maupun yang lainya.
Tertarik untuk mencoba Analisis SWOT?
Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.
thumbnail: dribbble/Becris